Asfihani Dicatet Ben Ora Lali™ (literally mean: dicatat biar tidak lupa)

FreePBX Inbound Route dengan DID

FreePBX adalah aplikasi frontend untuk Asterisk yang sangat powerfull. Namun, untuk membuat sebuah sistem yang sesuai dengan keinginan (baca: request client hehe) maka sedikit kerja keras dan keberuntungan dibutuhkan. Misalnya begini, ada sebuah sistem IP PBX yang terhubung ke PSTN sebanyak empat buah nomor telepon. Dari ke empat nomor telepon tersebut salah satunya akan dialokasikan khusus untuk fax. Dengan kata lain setiap panggilan ke nomor tersebut akan langsung diteruskan diterima oleh sebuah mesin fax konvensional. Masalah yang kelihatannya sederhana bukan?

Langkah yang paling mudah adalah tentunya dengan menyambungkan mesin fax langsung ke nomor telepon tersebut atau tidak masuk dalam sistem PBX. Terkadang hal ini ada kelemahannya, misalnya jika server diletakkan dalam datacenter yang tidak semua orang bisa masuk atau enggan masuk hanya untuk mengambil fax. Atau bisa juga terminasi dari penyedia PSTN hanya sampai diruang server dan Anda harus menarik kabel tambahan ke mesin fax…

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan IP PBX  yang telah ada untuk meneruskan fax ke sebuah ekstension khusus yang dibuat untuk menerima fax. Di DAHDI (Digium Asterisk Hardware Device Interface), setiap line telepon tersebut akan terhubung ke sebuah port (channel). Problemnya adalah FreePBX tidak berbicara langsung dengan port tersebut untuk bisa merouting ke tujuan akhir.

Beruntung ada DID yang bisa kita pakai untuk mensiasati hal ini. Dengan DID memungkinkan memberikan sebuah ‘label’ pada sebuah port di DAHDI device. Dengan modal label tersebut nanti bisa dibuat aturan untuk mengarahkan panggilan yang masuk ke port tesebut.

Sebagai contoh kita mempunyai sebuah DAHDI device TDMP400P dengan 4 buah port seperti dibawah ini dan akan menggunakan port 4 (atau channel 4) khusus untuk fax :

Pertama yang akan kita lakukan adalah mengubah context dari from-pstn ke from-zaptel dengan mengedit file /etc/asterisk/dahdi-channels.conf seperti dibawah ini :

Jika ingin menggunakan channel tersebut dedicated buat fax (no outgoing calls), maka group juga diubah (default: group=0).

Kemudian dari menu Zap Channels DID tambahkan channel tersebut sesuai dengan DID yang diinginkan. Ini bisa diisi dengan sembarang nomor, namun agar lebih mudah maka kita isi dengan nomor telepon fax tersebut misalnya kita isi dengan nomor telepon 12345678 seperti gambar berikut ini :

Baru kita buat aturan dari menu Inbound Routes untuk memberitahu Asterisk agar meneruskan setiap panggilan yang masuk ke channel 4 ke ekstension 200 :

Perlu diperhatikan bahwa dalam beberapa hal file dahdi-channels.conf bisa saja berubah oleh program lain setiap server reboot, silakan diperiksa kembali :)

Random Posts:




6 Comments

1

Posted by Muhammad PanjiNo Gravatar on 9 August 2010 08:08:53 WIB
Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.6.8 on Windows Windows XP

Udah banyak yang implement astersik dkk ya mas di Indonesia? kemarin sempet ada yang mau kustomisasi centos 64 bit ditambahi asterisk dkk biar jadi satu distro. tapi gak jadi :(


2

Posted by AsfihaniNo Gravatar on 9 August 2010 11:08:06 WIB
Using Safari Safari 533.17.8 on Mac OS X Mac OS X 10.6.4

Wah untuk komunitasnya saya kurang tahu, kalau saya sendiri pakai buat PBX di kantor, dan sudah beberapa kali implementasi untuk perusahaan :)

Bagaimana tertarik?


3

Posted by alitNo Gravatar on 16 August 2010 14:08:59 WIB
Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.6.8 on Windows Windows 7

wah boleh juga nih… kebetulan di kantor saya mau bikin semacam call centre gitu nih pak… bisa kasih tutorial nya gak… blank nih mau mulai dari mana…
Thanks… :)


4

Posted by AsfihaniNo Gravatar on 16 August 2010 16:08:00 WIB
Using Safari Safari 533.17.8 on Mac OS X Mac OS X 10.6.4

mas Alit, kalau mau yang sudah jadi, bisa coba Elastix/Trixbox dimana Asterisk, FreePBX, dll sudah terinstall bersama OS nya, jadi kita tinggal setup-setup begitu…

kalau butuh bantuan kontak2 ya :))


5

Posted by alitNo Gravatar on 18 August 2010 21:08:47 WIB
Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.6.8 on Windows Windows 7

Thanks pak infonya…
tanya lagi nih.. klo buat hardwarenya yg dibutuhin apa aja..
klo saya searching2 sih ada yg udah jd (BrikerBox).
Tapi saya pengen sekalian buat belajar build sendiri gt sih..
oya.. klo pake asterisknow bagusan mana sama trixbox…?


6

Posted by AsfihaniNo Gravatar on 19 August 2010 09:08:15 WIB
Using Safari Safari 533.17.8 on Mac OS X Mac OS X 10.6.4

pengalaman kalau asterisknow, menu-menunya tidak selengkap freepbx yg ada di trixbox/elastix, mungkin karena asterisknow relatif baru dan tidak menggunakan framework freepbx :)


Leave a Comment