Scrolling Trackpoint di Linux

Bingung bagaimana cara menggunakan mouse scrolling Trackpoint yang ada di notebook Thinkpad di Linux? Untung ada Pak Daniel Grobe Sachs yang baik hati membuat paket tp-scroll untuk mengatasi masalah tersebut diatas. Program tp-scroll ini berusaha untuk memberikan fasilitas scrolling seperti yang terdapat pada sistem operasi Windows dengan mengemulasikan data stream trackpoint kedalam bentuk data Intellimouse yang digunakan oleh sistem X Windows di Linux (xorg-x11). Cara menggunakanya ya sami mawon dengan di Windows, yaitu tekan tombol tengah kemudian geser pointer trackpoint yang berwarna merah keatas dan kebawah.


Cara menginstallnya gampang lho, Pak Daniel menyediakan format source tarbal, tapi beruntung ada Pak Christoph Thiel yang membuat paket RPMnya. Saat ini yang saya gunakan adalah versi yang RPM (tp-scroll-1.0-1). Setelah diinstall, kita buat dulu device data strean FIFO untuk program ini (dari account superuser atau root):

mkfifo /dev/imouse

Kemudian pada file konfigurasi X.Org (/etc/X11/xorg.conf) tambahkan atau ubah pada bagian InputDevice misalnya seperti berikut ini :

Section "InputDevice"
Identifier  "Mouse[1]"
Driver      "mouse"
Option      "Device" "/dev/imouse"
Option      "Protocol" "ExplorerPS/2"
Option      "Emulate3Buttons" "off"
Option      "ZAxisMapping" "4 5"
EndSection

Jika Anda juga menggunakan paket RPM di SuSE maka sunting dulu file /etc/sysconfig/tp-scroll kemudian ubah pada INPUT_DEVICE menjadi :

INPUT_DEVICE="/dev/input/mice"

Kemudian pastikan agar daemon tp-scroll dijalankan setiap booting :

insserv tp-scroll

Kalau Anda menggunakan paket source tarball, Anda bisa menggunakan script rc.local untuk menjalankan daemon tp-scroll, misalnya seperti ini :

/usr/sbin/tp-scroll -i /dev/input/mice -o /dev/imouse -x 1.5 -z 1.2 -m 0.02

Oke, jika semuanya sudah siap sekarang waktunya testing. Anda bisa merestart X server dengan masuk ke init 3, dan menggunakan perintah startx untuk melakukn pengujian. Jika Anda merasa bahwa akselerasi sumbu XY terasa jumpy atau loncat-loncat, Anda bisa menguranginya pada opsi XY_ACCEL_EXP di file /etc/sysconfig/tp-scroll atau pada argumen -x pada command line. Defaultnya adalah 1.5, yang saya gunakan adalah 1.3. Jangan lupa untuk merestart tp-scroll setelah melakukan perubahan.

Jika semua sudah sesuai dengan yang diinginkan, cobalah membuka browser misalnya Firefox atau Konqueror atau bisa juga wordprocessor idola Anda untuk menguji scrolling. Oh iya, menurut Pak Daniel, saat ini side-by-side scrolling atau scrolling kiri kanan masih belum disupport. Dan jika Anda suka melakukan copy paste dengan tombol tengah pada lintas aplikasi seperti saya :D, jangan khawatir, tp-scroll masih bisa melakukannya.

Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.