Postfix TLS dan SASL Dengan Menggunakan MySQL

postfixTutorial singkat ini menjelaskan bagaimana mengkonfigurasi Postfix 2.4.6 agar menggunakan Cyrus SASL dengan data username dan password yang diambil dari database MySQL dengan tambahan enkripsi TLS di Centos 4.4.

Pada umumnya untuk menggunakan sebuah SMTP server, maka yang kita lakukan adalah dengan mengisikan nama host yang sudah disediakan oleh ISP atau kita sendiri. Dengan catatan bahwa IP address tetap atau network yang kita gunakan sudah ‘didaftarkan’ di SMTP tersebut untuk bisa menggunakan sevicenya. Lalu bagaimana jika ada pengguna yang sifatnya mobile atau istilah bekennya Road Warrior, yang selalu gonta-ganti ISP yang selalu mendapatkan IP dinamis? Solusinya adalah denga menggunakan metode SMTPAuth. Yaitu suatu mekanisme dimana pengguna diminta untuk memasukkan username dan password agar bisa menggunakan service suatu SMTP server.

Continue reading “Postfix TLS dan SASL Dengan Menggunakan MySQL”

Preventing Counter Strike DoS with iptables

Last weeks, the spread of csdos.pl, a perl script that aimed to take down Counter Strike 1.6 server, is on rise. One of my servers is suffered from this attack and force me to take an action to prevent them. The solutions is using iptables with string match support. I found an example of iptables rule on the net, but it doesn’t work for the current version of Linux kernel.
Continue reading “Preventing Counter Strike DoS with iptables”

Menyembelih Kambing

477

Bingung juga kalau diberi libur nanggung, mau pulang kampung capek di jalan. Sebenarnya mau ngajak si kecil jalan-jalan ke Ragunan bareng sama pak Sunar dan keluarga. Sekalian refreshing dan melatih si kecil yang sudah mulai bisa berjalan. Tapi sampai hari ini waktunya belum ketemu yang pas. Ya, akhirnya daripada bengong di rumah, kemarin saya akhirnya bantu-bantu motong kambing di Tegal Parang.

Nah berikut ini foto-fotonya :

Continue reading “Menyembelih Kambing”

Installing Gutsy Gibbon on Thinkpad T21

Installing latest Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon) on my low end notebook IBM Thinkpad T21 is trivial. I can’t use default distribution CD that available on the net, instead back to old fashioned way using alternate CD install from Ubuntu 6.10 (Edgy Fit). Please be patient, on machine with 256 MB RAM and 800 MHz processor speed, it took almost 1,5 hours to complete all installation process.

Screenshot

Continue reading “Installing Gutsy Gibbon on Thinkpad T21”