Postfix sebagai Gateway

postfixTulisan ini merupakan lanjutan dari seri “Bingung dengan Postfix

Sebelumnya Anda saya sarankan untuk membaca bagian “Postfix sebagai SMTP” diatas untuk mengkonfigurasi dasar dari Postfix. Dalam skema ini sebenarnya mirip skema dalam “Postfix sebagai Backup MX“. Namun disini, Postfix sebagai sebuah mail gateway yang berfungsi sebagai primary MX sebuah domain yang dikenal di Internet, namum sebenarnya Postfix hanya berfungsi sebagai relayer atau jembatan yang akan meneruskan semua email ke MTA yang sebenarnya. Skema seperti ini digunakan supaya Postfix bisa “melindungi” MTA yang sesungguhnya yang mungkin mempunyai fitur yang terbatas. Dalam hal ini Postfix merupakan primary MX yang mempunyai preferensi RR MX paling rendah.

Kalau digambarkan alurnya mungkin seperti ini:

MTA sender —> Postfix (primary MX) —> MTA yang sebenarnya

Pada skema alur diatas semua email terhadap suatu domain akan diterima oleh Postfix lalu segera meneruskannya ke MTA yang sebenarnya untuk disimpan. Ada dua parameter yang harus diubah yaitu relay_domains yang berisi daftar domain yang direlay dan transport_maps yang berisi konfigurasi pemetaan domain ke MTA yang sebenarnya.

Misalnya Postfix menghandle domain palestine.net dan MTA yang sebenarnya untuk domain tersebut adalah network lokal dengan IP address: 10.126.10.10, maka konfigurasi file di /etc/postfix/main.cf adalah:

relay_domains = palestine.net
transport_maps = hash:/etc/postfix/transport_maps

File transport /etc/postfix/transport_maps berisi:

palestine.net smtp:[10.126.10.10]

Jangan lupa untuk membuat database dari file tersebut dengan perintah postmap:

asfik@jericho:~> postmap /etc/postfix/transport_maps

Catatan: Akan lebih baik jika Postfix mengetahui alamat-alamat email yang valid dari domain yang direlay tersebut dengan menggunakan parameter relay_recipient_maps

Kemudian coba mengirim email ke domain tersebut dan lihat di file log apakah email akan ditransport sesuai dengan konfigurasi.

Selamat Mencoba dan Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *