Menambah Module FXO pada Digium TDM400P

Untuk menghubungkan asterisk ke line telepon analog (PSTN), dapat digunakan sebuah card PCI, misalnya adalah Digium Wildcard TDM400P. Card ini memiliki empat buah slot modul yang bisa diisi dengan module FXS dan/atau FXO. Penjelasan lain tentang FXS dan FXO bisa dilihat disini.

Setelah selesai menambahkan modul dengan menancapkannya ke slot card PCI, pastikan module sudah dikenali di Linux dengan perintah dmesg :

Module 0: Installed — AUTO FXO (FCC mode)
Module 1: Installed — AUTO FXO (FCC mode)

Module 2: Not installed
Module 3: Not installed
Found a Wildcard TDM: Wildcard TDM400P REV I (2 modules)

Kemudian pada file /etc/zaptel.conf aktifkan module ke dua baris berikut:

 fxsks=2

Lalu langkah berikut adalah langkah yang terpenting adalah menentukan apakah modul baru yang dipasang tersebut merupakan bagian dari group yang lama atau merupakan group baru. Di asterisk, untuk menambah sebuah trunk akan selalu dibedakan dari group channelnya.

Untuk kebutuhan saya, saya akan membedakan group antara modul yang lama dan yang baru, maka di file /etc/asterisk/zapata-auto.conf saya tambahkan baris berikut:

signalling=fxs_ks
; Note: this is a trunk. Create a ZAP trunk in AMP for Channel 2
context=from-zaptel
group=1
channel => 2

Kemudian hentikan asterisknya: amportal stop , lalu tune module dengan perintah: fxotune -i. Perintah ini memakan waktu yang cukup lama, jadi bersabarlah :-)

Lalu tinggal menambahkan trunk baru di asterisk (atau trixbox) dengan menggunakan group baru (g1 instead g0), dan channel yang baru sudah bisa untuk panggilan keluar/masuk.

2 Replies

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.