Selamat Jalan Pak Bastian Tito

Kalau Anda penggemar novel Wiro Sableng pasti Anda ingat istilah-istilah seperti sepenanakan nasi, sepeminuman teh, sepenggalah, dan lain sebagainya. Pasti Anda juga tahu dong siapa pengarangnya. Ya, Pak Bastian Tito adalah pengarang tokoh fiksi yang bergelar Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 tersebut meninggal di awal tahun 2006 ini. Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiuun.

Menurut Gatra.com, menurut ayah lima anak dan kakek lima cucu kelahiran 23 Agustus 1945 ini, menulis novel Wiro Sableng sejak 1967. Peraih gelar MBA yang gemar menulis sejak kelas 3 sekolah dasar, dan mulai membukukan karyanya pada 1964 itu, menulis Wiro Sableng berdasarkan rekaan, ditambah bacaan buku sejarah Tanah Jawa. Ia memang suka menulis cerita fiksi bernuansa etnis, termasuk cerita berlatar budaya Minang.


Saya mulai membaca Wiro Sableng sewaktu SMP, dan kalau ndak salah ingat yang pertama yang saya baca berjudul “Banjir Darah di Tambun Tulang”, hasil pinjeman dari teman. Karena ketagihan, akhirnya saya menyewa sendiri dari persewaan buku. Selain Wiro Sableng, saya juga membaca novel “Pendekar Rajawali Sakti” yang pada bagian tertentu ada gambarnya. Apakah Anda masih ingat?

Enaknya membaca Wiro Sableng karena setiap buku tamat ceritanya, tidak bersambung. Karakter idola saya sebenarnya bukan Wiro Sableng, tapi musuh utamanya. Lho? Iya, Pangeran Matahari tentunya. Menurut pikiran saya waktu itu, karakter tersebut merupakan karakter dengan penampilan yang cool, yaitu dengan baju lengan pendek warna putih bergambar lingkaran dengan tiga garis lurus mengelilingya :-). Namun, setelah Wiro Sableng masuk ke dunia masa lalu yang disebut Latanahsilam dengan nama karakter semua berawalan “La” dan novelnya menjadi bersambung, saya menjadi malas mengikutinya. Oh iya, jurus sakti yang menjadi yang saya suka antara lain membuka jendela memanah rembulan, kunyuk melempar buah, dan lainnya.

Akhirnya, saya ucapakan selamat jalan Pak Bastian…

32 Replies

  • saya turut berduka cita, mungkin tidak ada lagi pengarang seperti seperti ini lagi.semoga muncul bastian tito lainnya ceritera ditanah jawa tidak hilang.

  • Berita kehilangan penulis novel trkenal allahyarham Bastian Tito ini sangat mengejutkan saya.Saya adalah seorang peminat beliau dari Brunei. Saya hanya mndapat tahu berita ini melalui website ini. Saya percaya masih ramai lagi peminat beliau dari rantau lain masih tidak mengetahui berita kehilangan beliau. Selamat jalan saya ucapkan kepada beliau..

  • Saya sendiri adalah penggemar Cerita Silat Wiro Sableng sejak SMP dan boleh dibilang hampir semua serial bukunya saya baca semua. Saya sangat mengagumi alm. Bastian Tito, semoga apa yang disumbangkan bagi Nusa dan Bangsa tetap lestari. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan tempat yang layak di SisiNya. Amin.

  • Benar-benar mengejutkan saya berita wafatnya Bastian Tito. Baru hari ini tanggal 26 Juni 2007 saya ketahui beritanya (tahun lalu saya memang tidak berada di Indonesia). Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Nya. Amien.

    Filosofi 212 tetap terkenang sepanjang zaman.

  • nggak ada penulis seprti anda pak Bastian Tito.
    Wiro Sableng begitu melegenda di Indonesia.
    Semua kalangan telah membaca buku anda

  • Wiro Sableng Pendekar kapak maut naga geni 212, kangen eui,
    buku cerita silat yang booming di tahun 1990an memang luar biasa, jika ada yang tahu perpustakaan mana yang mengkoleksi serial ini dari A-Z, mungkin bisa bantu memberikan infonya ke saya di [email protected]
    Terima kasih
    Salam untuk semua pencinta buku ini, Selamat Jalan Bapak Bastian Tito

  • WIRO SABLENG, TAK ADA MATINYA. KERINDUAN YANG TAKKAN PERNAH HILANG. AKAN KUCERITAKAN PADA ANAK CUCUKU. TRIMAKASIH PAK BASTIAN TITO. MOGA AMAL IBADAHMU DITERIMA DI SISI-NYA. AMIN.

  • Baru hari ini (15 Oktober 2007) saya mengetahu bahwa BASTIAN TITO telah meninggal dunia di awal tahun 2006 lalu. saya pengemar buku cerita serial WIRO SABLENG. selamat jalan Pak BASTIAN TITO, selamat jalan WIRO SABLENG. namamu akan selalu di kenang sepanjang jaman.

  • Wiro Sableng itu bacaan gw dari SMP, gw kagum dan salut sama Alm. Bastian Tito, semoga beliau tenang di alam sana. Btw kalo ada teman2 yang punya koleksinya boleh share ke wmail gw. Gw Tunggu ya

  • sedih rasanya kehilangan penulis seperti Bastian Tito. dengan wafatnya beliau, wafat pula lah tokoh2 Wiro Sableng. walaupun wiro sekarang tetap dilanjutkan, tapi jelas, cara bercerita dan karakter wiro dulu dan sekarang tetap lah berbeda… selamat jalan Bastian Tito, selamat jalan the trully Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212…

  • mas mas coba bikin miling list wiro, and buat yang bisa bikin film komik coba bikin wiro versi kartunnya yah pasti asyik….

  • good bye…. Eyang
    Semoga Amal ibadah selalu diterimaNya dan segala dosa terhapus jua olehNya.Amin. sepeminuman teh dan terus waktu anda akan selalu terkenang di hati kami.

  • Innalillahi wainna ilaihi roji’un… Selamat Jalan Pendekar Sejati-ku..
    Kami para penggemar Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 Wiro Sableng tidak akan melupakanmu..

  • waduh,…telat,…
    Innalillahi wainna ilaihi roji’un,…meskipun aku penggemar SH mintarja dan bukan Bastian Tito. Tapi tetep ikut berduka :(, SH mintarja urutan peristiwa sejarah & setting tempatnya benar sehingga ku suka membacanya. Wiro Sableng ini aku gak begitu suka karena terlalu khayal/fiktsi murni…

  • aduh saya baru tahu ni (17 Feb 2008), saya dari Sabah dan penggemar Wiro Sableng. saya sudah baca hampir semua bukunya dari paman saya lama dahulu (tahun 80an begitu). Watak wira inilah yang sering menjadi khayalan fantasi saya masa kecil dulu. semoga rohnya dicucuri rahmat….

  • Ternyata penggemar wirsab emang seperti gunung es, temenku yang hobi rata2 gak mau ngomong, barulah setelah melihat koleksi wirsabku baru pada minjem. Btw saya sedih mendengar Pak Bastian Tito telah meninggal.Apa ada kemungkinan wirsab lanjut lagi, seperti doraemon mungkin?Saya ngdukung banget kalo wirsab jadi PDF.Saya bantu deh tapi koleksi saya yang baru2, yang lama2 dah diloak ortu tanpa izin…T_T

  • Sebenarnya pengen trus ngikutin, apa daya setelah lulus SMA pindah dan kuliah susah cari novelnya (setelah kisah Wiro pada 113 lorong kematian selesai dan awal kisahnya di Kitab 1000 Pengobatan, g ngikutin lagi)……………….Sebenarnya pengen ngikutin trus kisah si Wiro, pengen tau akhirnya Wiro pilih siapa to jadi istrinya, karena banyak yang suka ama ni orang……… Tapi, kayanya tetap menjadi misteri……..

    Selamat Jalan Pak Bastian,………………..

  • Saya tahu beliau sudah wafat setahun yg lalu .
    Ketika itu istri saya sedang dirawat di RS.Mitra Keluarga Bekasi Barat.
    Saat itu saya hendak membeli salah satu Novelnya dipedagang majalah depan jalan, tapi sipedagang bilang,
    ” kayanya udah ga terbit lagi tuh pak, soalnya penulisnya sudah meninggal .
    ( ketika itu saya hanya bisa diam, merasa kehilangan )
    Selamat jalan Pak Bastian 212 Tito.
    Cerita dari novel-novelmu tidak akan kami lupakan, walaupun saat ini banyak novel-novel import yang telah merasuki anak bangsa, kami akan selalu tetap mengingatmu .
    amien…

  • WIRO ITU SUDAH SEPERTI BAGIAN HIDUP SAYA YANG LAIN. PENOKOHAN SERTA KARAKTER WIRO YANG KUAT BISA JADI BIMBINGEN PIKIRAN TERSENDIRI. BRAVO WIRO, WY FAV HERO

  • Damn….
    Sebetul gw th wiro ketika kakak gw pembeli setia komiknya.Komiknya seabrEg di rumah.. kira2 thn 95an ke atas .. gw br th klo The Master Meninggal thn 2006 n now 2011 (damn) .. Turut berduka cita, Semoga Tenang DisisiNYA.
    Dampak dr Wiro adalah buat hidup happy, dr sinto adalah Guru yang tak harus selalu kaku menjaga image jaimnya …

    Weew…
    Kini anaknya menjadi Actor Indonesia yang sangat talented.. Kurus, bersuara cempreng tp dapat menutup semua kekurangannya dengan acting yang sangat istimewa… Saya sangat suka CAS .. Inspired..

    Jaya Selalu utk Keluarga Bastian Tito

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.