Postfix sebagai Backup MX

postfixTulisan ini merupakan lanjutan dari seri “Bingung dengan Postfix

Sebelumnya Anda saya sarankan untuk membaca bagian “Postfix sebagai SMTP” diatas untuk mengkonfigurasi dasar dari Postfix. Dalam skema Postfix sebagai backup MX, Postfix diharapkan hanya menerima dan menyimpan sementara waktu email yang ditujukan ke suatu domain (atau email yang nyasar kepadanya) yang nantinya akan diteruskan ke MTA yang lain yang mempunyai preferensi RR MX di DNS yang lebih rendah.


Sebagai contoh Anda mempunyai domain palestine.net yang dihandle oleh dua buah server yaitu gaza.palestine.net yang mempunyai RR MX preferensi 10 di DNS (kita sebut primary MX) dan server nablus.palestine.net yang mempunyai RR MX preferensi 20 di DNS (kita sebut secondary MX).

Mungkin RR MX untuk domain palestine.net di DNS kira-kira seperti ini :

IN MX 10 gaza.palestine.net.
IN MX 20 nablus.palestine.net.

Kalau digambarkan alurnya mungkin seperti ini:

MTA sender —> Postfix (secondary MX) —> Final MTA recipient (primary MX)

Untuk mengkonfigurasi Postfix agar memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan skema ini sangat mudah. Yang perlu diperhatikan adalah nama domain yang akan dibackup oleh Postfix dalam hal ini adalah palestine.net, maka parameter yang perlu diubah di file /etc/postfix/main.cf adalah :

relay_domains = palestine.net

Jangan lupa untuk menjalankan perintah postfix reload setelah menambahkan domain yang akan direlay. Mungkin Anda bertanya, bagaimana caranya jika domain yang di relay jumlahnya banyak? Caranya cukup gampang, Anda tinggal membuat sebuah file teks misalnya /etc/postfix/relay_domains yang berisi domain-domain yang akan direlay:

palestine.net OK
intifada.org OK
hamas.net OK
alqaeda.org OK

Ubah di file /etc/postfix/main.cf menjadi:

relay_domains = hash:/etc/postfix/relay_domains

Jangan lupa untuk membuat database dari file tersebut dengan perintah postmap:

asfik@jericho:~> postmap /etc/postfix/relay_domains

Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *